Check Valve Terbalik, Pedal Rem Keras Saat Diinjak

Ketika pedal rem terasa keras saat diinjak, banyak pengendara yang langsung mengarahkan kecurigaan pada booster rem. Komponen yang menempel dengan master rem ini memang berfungsi untuk memperingan pijakan pedal rem. Dengan adanya booster, penekanan push rod terhadap master rem (yang mengakibatkan pengereman) tidak cuma berasal dari pijakan kaki, tetapi juga hasil dari kevakuman.

Booster rem memang mungkin saja mengalami kerusakan. Dua kemungkinan yang paling besar adalah karena karet atau seal-seal pada booster sudah aus. Komponen ini juga dapat mengalami kerusakan parah jika terkena minyak rem akibat kebocoran pada master rem.

Tapi, kerasnya pedal rem saat diinjak tidak selalu dipicu oleh kerusakan pada booster rem. Mungkin saja penyebabnya jauh lebih sederhana, misalnya karena salah pasang check valve. Sebab, check valve ini pada dasarnya adalah katup satu arah yang fungsinya sebagai saluran tempat tersedotnya kevakuman di booster rem oleh intake manifold.

Namanya saja katup satu arah, ia tidak akan berfungsi ketika posisinya terpasang secara terbalik. Bukan hanya keras saat diinjak, pada beberapa kasus pedal bahkan "nendang balik".

Untuk itu, jika mengalami gejala-gejala pedal rem yang keras saat diinjak, coba periksa posisi pemasangan check valve. Komponen ini terletak di antara booster rem dan saluran menuju intake manifold. Untuk memastikan apakah check valve pada sistem rem kendaraan Anda sudah terpasang dengan benar, lakukan pengujian dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Hidupkan mesin.
2. Pada saat mesin hidup, cabut selang vakum yang terdapat pada booster rem.
3. Tutup lubang vakum tersebut. Apabila terasa ada hisapan, artinya pemasangan check valve sudah benar. Tapi, apabila tidak terdapat hisapan, kemungkinan besar pemasangannya keliru.

Ketidakberfungsian check valve juga mungkin saja terjadi jika ada kebocoran pada master rem. Karena, master rem yang bocor membuat minyak rem merembes dan jika check valve terkena dapat membuat check valve berkarat.

No comments: